Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep “bisnis” kepada mahasiswa. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diperkenalkan dengan pengertian dan konsep dasar bisnis, lingkungan yang mempengaruhi bisnis dan jenis organisasi bisnis.

Mata kuliah ini pengantar bisnis merupakan mata kuliah wajib program studi Manajemen S-1 yang membahas tentang pengertian dan konsep dasar bisnis, lingkungan yang mempengaruhi bisnis dan jenis organisasi bisnis. Selain itu dalam mata kuliah ini juga akan diperkenalkan berbagai fungsi operasional bisnis dalam perusahaan seperti Sumber Daya Manusia, Operasi, Pemasaran, dan Keuangan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan menyeluruh, dimana organisasi bisnis ditempatkan sebagai suatu entitas yang harus memahami dan mengelola pengaruh lingkungan, dan kemudian memilih bentuk struktur organisasi yang sesuai dengan lingkungan bisnis yang dihadapi.

Bisnis merupakan kegiatan terpadu yang meliputi perdagangan dan pertukaran barang, jasa, atau uang yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dengan maksud memperoleh manfaat serta keuntungan. Istilah bisnis berhubungan erat dengan aktivitas komersial yang terjadi di dalam kehidupan sosial. Dengan demikian, bisnis merupakan proses sosial. Proses sosial ini dapat dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok dengan melakukan penciptaan dan pertukaran komoditas atau jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan untuk memperoleh manfaat atau profit.

Dalam menjalankan bisnis, perorangan dan kelompok akan dipengaruhi oleh proses sosial yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Kegiatan bisnis, dengan demikian harus mampu fleksibel dan adaptif terhadap perubahan-perubahan lingkungan lokal dan internasional. Mempelajari bisnis merupakan cara mengetahui dan belajar dari pengalaman bertindak fleksibel dan adaptif yang dilakukan pebisnis dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya di dalam lingkungan dengan sumberdaya yang terbatas.