Manajemen pemasaran (marketing management) merupakan analisis perencanaan, implementasi, dan pengendalian atas program-program yang didesain untuk menciptakan, membangun dan menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan-tujuan organisasional atau tujuan-tujuan perusahaan.

Konsep inti pemasaran berawal dari adanya kebutuhan, keinginan dan permintaan darikonsumen. Kebutuhan adalah keadaan sesorang yang memerlukan sesuatu, contohkebutuhan akan komunikasi. Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhantersebut, contoh orang butuh komunikasi dan ingin
smartphone iphone
 sebagai alatkomunikasinya. Sedangkan permintaan adalah keinginan seseorang yang didukung dengandaya belinya, contoh banyak yang ingin beli
smartphone iphone
 namun hanya sebagianorang yang mampu membeli. Konsumen memenuhi kebutuhan dan keinginannya melaluiproduk baik berupa barang maupun jasa. Semakain bervariasi produk yang ditawarkanmaka konsumen akan menyesuaikan dengan produk yang mampu memberikan nilai,kepuasan dan mutu yang mereka harapkan. Untuk mendapatkan barang dan jasa sesuaiyang diharapkan maka perlu melakukan pertukaran. Apabila pertukaran disetujui makaakan terjadi transaksi dan terciptanya hubungan pemasaran. Melalui serangkaian prosestersebut terciptalah pasar. Sistem pemasaran merupakan komponen yang membentukpemasaran.